"ART DECO" Art Exhibition 2017 SMA UPH College.

Pameran bertajuk: ART DECO, adalah tema pameran ART EXHIBITION 2017, UPH College yang diadakan secara berkala tiap semester. Lebih dari 100 karya seni UPHC semester genap 2017 (periode Januari - Mei 2017) yang terdiri dari: Ilustrasi, Desain Grafis, Kaligrafi, Desain Dasar, Nirmana Ruang, Fashion Design).

Karena antusiasme & permintaan orangtua murid, maka pameran akan diperpanjang s.d Rabu tgl 24 Mei.

ART Exhibition 2017 ini diadakan di ruang SoD (School of Design) Student Longe, UPH Campus, Lobby gedung B dari tanggal 15 sampai dengan 24 Mei 2017.

Pameran ini merupakan pameran keempat kalinya. Sebelumnya tahun 2015, 2016 dua kali pameran, dan tahun ini 2017 kembali diselenggarakan pameran keenpat, kembali diadakan karena antusiasme dan apresiasi positif dari para pengunjung pameran terutama orangtua siswa dan guru-guru yang selalu ingin melihat potensi Seni dan Desain di UPH College.

(Seperti yang dikutip dari www.UPHcollege.com) bahwasannya UPH College bekerja keras memenuhi tantangan abad ke-21, dengan menjadikan lembaga pendidikan bukan hanya sebagai alat untuk mendapatkan pekerjaan dan jaminan keuangan, tetapi lebih mengutamakan mutu dengan menghargai siswa sebagai pribadi ciptaan Tuhan yang berpotensi mulia. Dengan konsep itulah, UPH College merancang pendidikan holistik yang berorientasi mendidik siswa menjadi pribadi yang cemerlang dalam pengetahuan, terampil dalam teknik, dan memiliki hati yang bijaksana.

UPH College / UPHC (bukanlah sebuah lembaga pendidikan Universitas atau Diploma) melainkan Lembaga Pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan sistem kurikulum terintegrasi. Salah satu keunggulan UPH College adalah kurikulum yang menawarkan beberapa mata pelajaran yang berbeda dengan SMA di Indonesia pada umumnya, salah satu nya adalah pengimplementasian program Art/Music Appreciation yang digunakan untuk membuka wawasan para siswa mengenai Seni; Critical Thinking yang menitikberatkan pada kegiatan maupun studi kasus yang mengarahkan siswa untuk berpikir secara Kritis; Service Learning, Leadership & Character Development yang melatih siswa untuk membentuk karakter yang baik.


Dengan semangat dan tujuan tersebut, UPHC memiliki Departemen khusus, yaitu Departemen Musik dan Seni. Untuk mendukung hal tersebut, maka program extrakulikuler di bidang Seni dan Desain (pada khususnya) memiliki kurikulum yang di rancang khusus dan dibimbing langsung oleh guru seni dan desain yang qualified. Dimana guru seni UPHC juga merupakan dosen desain yang tentu dengan latar belakang pendidikan khusus seni/desain.

Selain mata pelajaran General Art dan Art Appreciation, ada juga kelas Art Drawing. Di UPHC, untuk dapat mengikuti kelas Art Drawing harus melalui seleksi / tes gambar, yang mana bukan dilihat kualitas gambar nya, melainkan passion nya yang bisa tampak dari tarikan garis maupun arsiran pinsil serta tes wawancara.


Salah satu guru Drawing UPHC mengungkapkan bahwa: "Dasar-dasar dalam menggambar yang diajarkan kepada siswa-siswi SMA UPHC, menitikberatkan pada pemahaman yang terbentuk dari latihan-latihan yang dilaksanakan dalam kelas studio Art Drawing. Pada semester akhir siswa-siswi diajak untuk lebih menghargai hasil karya mereka dengan mengikuti pameran seni yang diselenggarakan oleh UPHC".

Salah satu prestasi yang telah di raih oleh siswa-siswi peserta pameran seni ini sangat membanggakan dan menggembirakan, baik untuk peserta pameran itu sendiri, pengunjung pameran, terlebih orangtua siswa, dan tentunya pihak sekolah. Harapan departemen Art UPHC kiranya hasil karya siswa-siswi UPHC akan bisa dipamerkan di skala yang lebih besar lagi.


Salah satu guru di bidang general art juga mengungkapkan bahwa sangat bangga dengan semangat dan apresiasi Seni dan Desain di UPHC /tingkat SMA ini. Kurikulum mata pelajaran seni di UPHC disiapkan dengan matang sesuai level pemahaman tingkat SMA, untuk meningkatkan pengenalan Seni-Desain sedini mungkin. Selain mendukung Critical Thinking (pada umumnya), juga agar siswa yang memang tertarik kuliah di bidang Industri Kreatif, sudah dipersiapkan lebih matang. Mencicipi cara belajar dan cara kerja seorang insan kreatif, entah untuk jurusan arsitektur, desain produk, desain interior, film, desain komunikasi visual, dan lain-lain.

Semoga konsep kurikulum Seni di UPHC yang dikelola dan diberikan kepada para siswanya, -sesuai tujuannya- (secara umum) dapat melahirkan pemikir yang kritis sesuai dengan jurusan / profesi yang akan diambil serta (secara khusus) dapat melahirkan insan-insan kreatif di dunia Seni dan Desain.


Salam Kreatif !

Diliput oleh: DuniaGrafika.com

Nara Sumber:
Leonardo Widya
(UPHC Art Teacher)


LIHAT VIDEO LIPUTAN:
https://www.youtube.com/watch?v=pivCjiF0QTM


LIHAT EVENTS LAINNYA