Desain untuk Lingkungan - Mekar(ber)BAKTI

Mata kuliah Desain Lingkungan dan Desain Masyarakat adalah dua mata kuliah yang berkesinambungan selama dua semester. Mata kuliah ini diwajibkan School of Design - Universitas Pelita Harapan (SoD - UPH) untuk semua peminatan Desain Komunikasi Visual (Grafis, Animasi, dan Sinema).

Selama hampir 9 bulan Mahasiswa angkatan 2016 di semester ini, telah membina desa kecamatan Panongan, kelurahan Mekar Bakti, salah satu desa yang terletak di daerah Citra Raya – Tangerang, dari (periode Agustus – Desember 2018) di mata kuliah Desain untuk Lingkungan dimana mahasiswa melakukan riset awal, observasi lapangan yang lalu dilanjutkan mata kuliah Desain untuk Masyarakat (periode Januari – April 2019) dalam mengimplementasikan ide solusi terhadap beragam masalah atau pun meningkatkan potensi yang ada di Desa Panongan.


Ada 11 kelompok terlibat dengan berbagai tema yaitu:
1. Penghijauan
2. Komunitas Warga
3. Kesehatan Anak
4. PAUD
5. Identitas Ruang
6. Air Bersih
7. Pengelolaan Sampah
8. Ketrampilan
9. Kesehatan Umum
10. Aktivitas Warga
11. Kebersihan Lingkungan




Beragam ide unik dan menarik dari: film pendek, motion graphic, tempat sampah unik, komik pengajaran, tata ruang paud, properti taman, dan banyak lagi dihasilkan dari proses panjang selama dua semester. Ide dan karya kreatif yang dihasilkan merupakan buah empati para mahasiswa yang diterapkan lewat metode Human Centered Design agar hasil yang diterapkan bukan sekedar bagus dan unik, tapi bisa berdampak bagi masyarakat sekitar. Hal ini dibuktikan dengan laporan dalam bentuk jurnal yang ditulis lengkap dengan hasil pre-test dan post-test yang dilakukan sebagai bagian dari pembelajaran metode human centered design (HCD).



Metode HCD adalah perancangan yang berpusat pada manusia, sebuah pendekatan kreatif untuk pemecahan masalah. Sebuah proses yang dimulai dengan orang (masyarakat) yang dapat berakhir dengan solusi baru, dibuat khusus sesuai dengan kebutuhan mereka. Desain yang berpusat pada manusia adalah tentang membangun empati yang mendalam dengan masyatakat sekitar; menghasilkan banyak ide; membangun banyak prototipe; berbagi pikiran, dan akhirnya mengeluarkan solusi baru inovatif untuk kebutuhan masyarakat. Keterlibatan manusia biasanya terjadi dalam mengamati masalah dalam konteks, brainstorming, konseptualisasi, pengembangan, dan pelaksanaan solusinya.



“Salah satu tujuan yang ingin dicapai dari program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pelita Harapan adalah untuk menghasilkan lulusan yang mampu memberikan dampak langsung bagi masyarakat” Ungkap Alfian Zulkarnaen. Alfian Zulkarnaen selaku ketua jurusan SoD – DKV – UPH, saat memberikan kata sambutan, mengungkapkan: “Di sini saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh pihak Sekolah Darussalam. Saya sangat bersyukur atas dibukanya ruang-ruang bagi mahasiswa kami untuk dapat membantu mencari masalah lingkungan yang ada dan diberikan kesempatan untuk membantu kami merespon secara desain. Terima kasih kepada para guru dan para siswa Darussalam yang sudah dengan sabar bersedia menyertai para mahasiswa DKV UPH sebagai narasumber. Saya juga ingin mengucap syukur dan berterima kasih kepada para mahasiswa yang sudah dengan hati berkerja keras turut terlibat secara langsung dalam mendukung program-progam sekolah Darussalam. Kerja keras kalian, dan pekerjaan desain yang kalian lakukan dengan sepenuh hati ini, tentunya diharapkan dapat berdampak bukan hanya pada sekolah, namun juga kualitas hidup para siswanya.”



Hady Soenarjo, Ernest Irwandi, Leonardo Widya, Naldo Yanuar, dan Lala Palupi, sebagai tim dosen merasa bangga dan berterimakasih kepada semua tim dan pihak terkait di Desa Panongan. Bahwa proyek pelayanan yang dilakukan mahasiswa berjalan baik dan lancar. Kendala dan hambatan tentu ada selama proses belajar dan berempati, namun dapat terselesaikan dengan baik di penghujung perkuliahan.



“Saya mengucapkan Terima Kasih sedalam-dalamnya kepada seluruh mahasiswa 2016 Desain untuk Masyarakat yang telah melakukan kegiatan hingga hari ini. Kalian telah melakukan ini semua bukan hanya untuk nilai, tapi telah melakukan ini dengan hati dan untuk Tuhan, walau banyak kendala lapangan. Satu langkah lagi telah kalian lalui menuju manusia seutuhnya. Semua memberikan kontribusi yang sangat berarti untuk masyarakat. Selamat! Tuhan memberkati semua”. Ungkap Hady Soenarjo.



Martin L, Katoppo (selaku Dekan School of Design UPH, sekaligus sebagai bagian dari tim dosen matakuliah Desain untuk Masyarakat) tetap bersemangat menghadiri puncak acara walaupun tertatih-tatih menggunakan tongkat karena beberapa minggu sebelumnya mengalami kecelakaan saat melakukan riset di Kalimantan. “Saya ingin melihat dan menyaksikan langsung puncak acara ini. Saya sangat senang dan bangga melihat hasil para mahasiswa bisa berdampak bagi masyarakat”. Ungkapnya sambil tetap tersenyum penuh haru campur bangga seakan lupa dengan rasa nyeri pada kakinya.



Alfian Zulkarnaen berharap bahwa kegiatan yang sudah dijalankan selama beberapa bulan yang panjang ini dapat menjadi inisiator pembangunan lingkungan, dapat menjadi model bagi bagaimana desain komunikasi visual mampu berdampak kepada lingkungan, serta kegiatan ini dapat berguna bagi segenap lingkungan sekolah dan para siswanya, meningkatkan kualitas sekolah, kualitas pendidikan dan memberikan senyuman bagi para siswanya. Maju Terus, SoD – UPH.



Dosen Desain untuk Masyarakat periode Januari - April 2019
Koordinator : Hady Soenarjo
Tim Dosen : Martin L. Katoppo, Ernest Irwandi, Leonardo Widya, Alfian Zulkarnaen, Naldo Yanuar, Lala Palupi.

Tim Dosen dan Mahasiswa SoD - UPH mengucapkan Terima Kasih kepada :
• Bapak Suharli (ketua Yayasan Madania Darussalam).
• Bapak H. Mahfud Kuzaeni (Lurah Mekarbakti).
• Bapak Dadang (sekretaris Camat Panongan).
• Bapak Muhidin (ketua RW 03 Mekarbakti – Panongan).
• Komunitas pemuda Mekarbakti, Komunitas Taman Baca Masyarakat, dan Teras Baca.
• Bapak Maradona dan seluruh warga Mekarbakti yang terlibat.
• Seluruh insan Sekolah Darussalam, Kepala sekolah para guru dan Seluruh siswa.
• ABN (Akademi Bambu Nusantara) dan Bambu Hebat.



Pembaca dapat melihat rentetan liputan ini di: https://youtu.be/I3SKVzH2_nw

Nara Sumber:
Leonardo Widya, S.Sn, M.Ds.
(UPHC Art Teacher, Dosen DKV di UMN dan UPH).


LIHAT EVENTS LAINNYA